--> PESONA WISATA WONOSOBO KEBUN TEH TAMBI MENJADIKAN SEBAGAI OBYEK WISATA ALTERNATIF YANG SEJUK, SEGAR DAN INDAH…. | WISWONO

SEPUTAR WISATA WONOSOBO

Popular Posts

Tuesday 22 May 2012

PESONA WISATA WONOSOBO KEBUN TEH TAMBI MENJADIKAN SEBAGAI OBYEK WISATA ALTERNATIF YANG SEJUK, SEGAR DAN INDAH….

| Tuesday 22 May 2012
Wisata wonosobo yang satu ini menjadikan pilihan alternatife bagi anda yang hobi dengan perjalanan dipegunungan, perjalanan di wisata wonosobo perkebunan teh tambi menjadikan suasana yang sangat asyik udaranya yang segar sejuk menjadikan suasana segar…
Wisata wonosobo teh tambi, merupakan salah satu wisata agro wonosobo, Terletak 16 km arah utara kota Wonosobo atau kurang lebih 20 menit perjalanan. Agro Wisata Perkebunan Teh Tambi merupakan pilihan wisata yang menarik bagi pencinta alam pegunungan.

Tempat wisata ini dilengkapi fasilitas dengan penginapan, jika anda butuh guide ada pemandu yang membawa anda untuk berkeliling perkebunan the tambi tersebut, antara lain melihat proses pemertikan the, melihat prosesing teh mulai dari daun hingga siap saji. Tempat-tempat wisata menarik lain nya yang berdekatan dengan PT Tambi antara lain Dataran Tinggi Dieng,
Telaga Menjer, dan tempat perkemahan Jlumprit
Sejarahnya perkebunan the tambi antara lain dulunya (1885) perkebunan ini merupakan milik Belanda dengan nama Bagelen Thee & Kina Maatschappij yang dikelola oleh NV John Peet berkantor di Jakarta.
Setelah Indonesia merdeka, diambil alih oleh Pemerintah Republik Indonesia, yang selanjutnya setelah Konferensi Meja Bundar kembali diserahkan kepada pemilik semula.
Tahun 1954 perkebunan dijual kepada NV Eks PPN (Pegawai Perkebunan Negara) Sindoro Sumbing. Tahun 1954 NV Eks PPN Sindoro Sumbing bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Wonosobo mendirikan sebuah perusahaan baru bernama NV Tambi dan yang sekarang telah berganti nama menjadi PT Tambi.
Luas area perusahaan PT Tambi meliputi 829,14 ha terdiri atas 3 unit perkebunan yaitu Unit Tambi, Unit Bedakah dan Unit Tanjungsari. Produk utama berupa teh hitam dengan tingkat produksi per tahun sebanyak 1.800 - 2.000 ton. Lokasi perkebunan terletak di lereng sebelah barat Gunung Sindoro dan Sumbing di bagian tengah Jawa Tengah. Ketinggian 800 - 2.000 meter di atas permukaan laut dengan tingkat curah hujan 2.500 - 3.500 mm per tahun.
clip_image002
clip_image004clip_image006clip_image008
Pekerbunan teh tambi sebagai pilihan tempat favorit bagi para pengunjung mancanegara, karena mereka biasanya butuh penginapan, perkebunan teh tambi merupakan wisata alam yang menarik untuk dikunjungi, Yang tak kalah menarik dari kawasan wisata dieng dan telaga Menjer.
Sebenarnya ada tiga tempat perkebunan teh tambi di Wonosobo yaitu Tambi, Tanjungsari dan ada lagi di kecamatan Kertek.
Semuanya menyajikan panorama yang sangat mempesona,
clip_image010

Related Posts

No comments:

Post a Comment