SEPUTAR WISATA WONOSOBO

Wisata Kuliner Di Wonosobo

Gulai Kacang ijo, Menu Gulai Kambing boleh jadi kondang dari Yogyakarta dan Solo. Tapi Gulai Kambing di Pekalongan punya sentuhan tersendiri yang patut Anda coba. Namanya Gulai Kacang Hijau.

bumbu gulai pada umumnya, namun dicampur dengan kelapa sangrai. Inilah mengapa kuahnya pekat, gelap, dan terasa kuat aroma rempahnya, seperti kapulaga dan jintan. "Kuahnya langsung menghangatkan badan. Flu bisa sembuh,"

Jika ingin mencicipi Gulai Kacang Hijau, maka gulai kambing Anda akan ditambahkan semacam bubur kacang hijau yang kental karena dimasak dengan tambahan terigu. Porsi Gulai Anda jadi penuh sekali dan mengenyangkan. Tanpa nasi pun, perut sudah sesak. Tapi Anda bisa mencicipi Dedel, sejenis dadar tipis yang terbuat dari terigu dan telur. Dicocokan ke kuah gulai, mantap betul.
Pindang tetel

Bila anda berkunjung ke kota batik Pekalongan, Jawa Tengah jangan lewatkan kesempatan mencicipi pindang tetel. Jangan salah kira karena meski namanya pindang tetapi tidak ada potongan ikan pindang didalamnya. Hidangan yang mirip rawon dengan potongan daging dan kuah segar berwarna hitam ini memiliki cita rasa gurih yang khas dengan bumbu tauco.
bumbu pindang tetel menggunakan tauco sehingga aroma gurih pada kuahnya lebih terasa, tapi yang khas adalah pindang tetel disajikan dengan campuran kecambah dan krupuk mie goreng pasir yang disebut mie usek. Campuran kecambah segar dan krupuk mie usek inilah yang membuat nafsu makan bertambah. Memasak pindang tetel tidak terlalu rumit. Pertama - tama tulang sapi dan irisan daging direbus hingga keluar kaldunya lalu diberi bumbu, seperti keluwak, ketumbar, bawang merah dan bawang putih. Kemudian kuah serpih daging disajikan dan ditaburi remasan krupuk mie usek diatasnya

Garang Asem


merupakan makanan sejenis rawon tetapi lebih bening dan berasa lebih asam dan pedas. Biasanya kuahnya ditambah banyak tomat dan didalamnya 
dicampur dengan daging yang biasanya adalah daging kerbau. Disajikan dalam keadaan panas dan disertai dengan tambahan telur rendang.

Tauto


merupakan makanan tradisional khas Kota Pekalongan, yang unik dari masakan ini adalah bahan bakunya mengunakan mi putih atau soun, lalu diberi sambal goreng tauco yang berbahan kedelai serta mengunakan bahan daging kerbau. Sensasi kuahnya yang sangat segar membuat tauto ini sangat disukai masyarakat kota Pekalongan, bahkan masyarakat luar kota.

Nasi Uwet


Kuliner lain yang ada di Pekalongan adalah Nasi uwet. Tempat yang terkenal di Pekalongan adalah Nasi Uwet Zarkasi, jalan Sulawesi Pekalongan. Nasi Uwet sendiri ternyata daging kambing yang di “uwet”, alias di”ikat” dengan usus. Segera santap hangat-hangat. Dengan ditambah megono dan lauk pauk lainnya semakin menambah kenikmatan rasanya.
Makanan Khas mie ongklok wonosobo

Mi Ongklok (bakmi ongklok) adalah makanan khas Kabupaten Wonosobo berupa mi rebus yang dibuat dengan racikan khusus menggunakan kol, daun kucai, dan kuah yang disebut loh. Bila Anda mencoba mi ongklok 
Wonosobo cobalah menyantapnya dalam keadaan hangat bersama sate kambing dan tempe kemul, pasti enak rasanya.

Makanan Khas tempe kemul dan geblek.
Makanan Chamilan pendamping mie ayam, bakso, dan mie ongklok paling cocok yaitu tempe kemull dan geblek

Related : Wisata Kuliner Di Wonosobo

0 Komentar untuk "Wisata Kuliner Di Wonosobo"